Didominasi Penawar Asing, LPS Berharap BUMN Ikut Tawar Bank Mutiara

Kompas.com - 03/04/2014, 11:22 WIB
Bank Mutiara KOMPAS/HERU SRI KUMOROBank Mutiara
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mengharapkan BUMN ikut dalam penawaran penjualan PT Bank Mutiara Tbk. Dengan semakin banyaknya tawaran dari pihak yang kredibel, maka bank eks Century tersebut akan lebih sehat di masa yang akan datang.

"Kami sangat ingin partisipasi bank lokal dan khususnya BUMN, Kami sangat mengharapkan karena tentunya semakin banyak yang masukan minat dan semakin banyak yang punya kredibilitas, tentunya nanti Mutiara bisa kita lepas kepada pembeli yang kredibel dan lebih sehat ke depannya," ujar Kartika Wirjoatmodjo, Ketua Eksekutif LPS, di Kantor LPS Jakarta, Kamis (4/4/2014).

Sampai saat ini, penawaran bank Mutiara lebih didominasi oleh perusahaan asing yang berasal dari Malaysia, Jepang dan Republik Rakyat Tiongkok. Dengan batas akhir penyampaian minat tanggal 4 April 2014, LPS berharap sisa waktu tersebut dimanfaatkan oleh pihak lokal untuk mengajukan penawaran kepada PT Danareksa Sekuritas selaku Penasihat Keuangan LPS.

"Penawar lokal ada beberapa, tetapi mayoritasnya memang dari asing. Dengan begitu memang saya sampaikan bahwa perluasan masa penawaran ini kami sangat ingin partisipasi bank lokal khusunya BUMN," katanya.

Sebelumnya, sesuai dengan pengumuman pada media tanggal 3 Maret 2014, LPS melaksanakan proses penjualan saham PT Bank Mutiara dengan batas akhir penyampaian minat secara tertulis pada tanggal 4 April 2014 dan batas akhir pendaftaran serta kelengkapan dokumen pada tanggal 10 April 2014.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.