Kompas.com - 07/04/2014, 09:52 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Niat Grup Bosowa untuk memperbesar kepemilikan saham di PT Bank Bukopin Tbk (BBKP) akan segera terwujud. Melalui induk usahanya, Bosowa Corporindo, perusahaan yang digawangi Erwin Aksa ini akan mengakuisisi 1,45 miliar saham BBKP milik Koperasi Pegawai Bulog Seluruh Indonesia (Kopelindo).

Aksi korporasi ini sebagai lanjutan dari perjanjian pengikatan jual beli saham (PPJBS) antara Bosowa dan Kopelindo pada 29 November 2013 lalu. Berdasarkan publikasi yang dirilis hari ini, jumlah saham BBKP yang dilego sebanyak 1,45 miliar saham.

Namun, dari jumlah itu, minimal saham yang akan dicaplok Bosowa sekitar 1,034 miliar saham. Dalam penjelasan resminya, belum ada ketentuan harga yang telah disepakati.

Tetapi, harga rata-rata saham BBKP sepanjang 2014 ada di kisaran Rp 618,75 per saham. Maka, dengan asumsi harga saham tersebut, maka nilai transaksi akuisisi mencapai Rp 879,18 miliar.

Pasca transaksi akuisisi ini, Bosowa akan menjadi pemegang saham pengendali menggantikan Kopelindo. Sebelum transaksi, Kopelindo menguasai 29,52 persen saham BBKP. Sedangkan Bosowa sebesar 18,57 persen.

Setelah transaksi, Bosowa akan menggenggam 30 persen saham BBKP. Sedangkan, Kopelindo tersisa 18,09 persen. Untuk memuluskan rencana ini, BBKP berencana menggelar rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) pada 22 Mei 2014 mendatang.

"Bosowa akan mendanai akuisisi dengan dana sendiri," jelas manajemen Bosowa dalam publikasi tersebut. (Amailia Putri Hasniawati)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.