Kompas.com - 08/04/2014, 08:18 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan diproyeksikan kembali mencoba memertahankan tren penguatannya, Selasa (8/4/2014). Meskipun demikian, sentimen negatif dari bursa global bisa sewaktu-waktu mengubah arah pasar.

Pasar saham Amerika Serikat (AS) melanjutkan pelemahan, dan bahkan mencatat kejatuhan tertingginya sejak Januari 2014. Dini hari tadi, indeks saham Dow Jones Industrial Average turun 1,02 persen dan S&P 500 terkoreksi 1,08 persen.

Dari pasar Asia, indeks di beberapa negara terkemuka juga dibuka melemah. Koreksi pasar saham Asia ditunjukkan oleh Nikkei 225 di Jepang yang turun 1,20 persen sementara indeks KOSPI Composite di Korea Selatan juga dibuka terkoreksi 0,30 persen.

Harga kontrak berjangka (futures) komoditas justru ditutup menguat. Harga minyak mentah WTI terapresiasi 0,32 persen ke 100,76 dollar AS per barrel. Sementara harga emas Comex naik 0,02 persen ke posisi 1.298,60 dollar AS per troy ounce.

Dari dalam negeri, tingkat suku bunga acuan (BI Rate) diproyeksikan dipertahankan oleh Bank Indonesia (BI). Penyelenggaraan pemilihan umum legislatif yang berjalan lancar diperkirakan memberikan sentimen positif bagi pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) hari ini.

Menurut Analis Teknikal Mandiri Sekuritas, IHSG diperdagangkan diatas EMA 200 hari. "Jangka pendek indeks masih up trend. Indeks berhasil breakout resistance rising wedge dan gagal menutup gap di 4.769. Rally lanjutan akan coba menguji resistance fibo 161,8% di level 5.000 / 5.050. Indeks berpotensi akan melanjutkan relinya hari ini. Indeks akan bergerak di kisaran support 4.872 dan resistance 4.950," paparnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.