Kompas.com - 10/04/2014, 08:46 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani
JAKARTA, KOMPAS.com - Pelemahan dollar AS secara global sejak awal pekan ini memberi peluang penguatan rupiah, Kamis (10/4/2014). Namun menipisnya euforia atas hasil sementara pemilu legislatif bisa membuat peluang kenaikan rupiah terbatas. Sentimen utama datang dari perkembangan ekonomi global, khususnya AS.

Risalah FOMC meeting pada Maret lalu memutuskan dengan suara bulat bahwa target tingkat pengangguran 6,5 persen ditiadakan. Dengan itu, menurut riset Samuel Sekuritas Indonesia, maka the Fed akan sepenuhnya tertuju pada tingkat inflasi yang diharapkan bisa mendekati 2,5 persen.

Dollar Index terjerembab 0,3 persen dini hari tadi. Data mingguan initial jobless claims AS ditunggu malam ini. Dollar Index yang terus melemah dipastikan membantu penguatan rupiah pada hari ini.

Hingga Rabu (9/4/2014) sore hampir seluruh mata uang di Asia menguat terhadap dollar AS. Hasil pemilu legislatif sesuai dengan harapan pasar tetapi tidak adanya partai yang berhasil mencapai batas minimal suara 25 persen untuk pencalonan pasangan calon presiden dan wakilnya, diperkirakan menggerus euforia yang sebelumnya tumbuh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.