Kompas.com - 10/04/2014, 19:20 WIB
Ilustrasi KOMPAS/PRIYOMBODOIlustrasi
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar modal Indonesia dinilai siap menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada tahun 2015 mendatang. Hal itu setidaknya terlihat dari return on equity bursa di Indonesia yang lebih baik dibandingkan bursa regional ASEAN lainnya.

"Kita mampu menjaga pertumbuhan ekonomi cukup bagus, emiten-emiten Indonesia return on equity-nya lebih tinggi dari emiten bursa-bursa regional, itu kunci industri pasar modal sudah siap menghadapi MEA," ujar Ito Warsito di Gedung BEI, Jakarta, Kamis (10/4/2014).

Kesiapan Indonesia dalam menghadapi MEA bukan hanya diukur dari kekuatan emiten-emiten di bursa saham, tetapi juga kesiapan dari sisi BEI sendiri sangat penting. Oleh karena itu, BEI sudah melakukan perbaikan dibidang teknologi.

"Persiapan dari sisi bursa, penggunaan teknogi. Kita lebih maju dari sebagian bursa ASEAN, straight trough processing semua transaksi diproses secara elektronik." katanya.

Selain sisi emiten dan bursa, Ito juga memiliki pandangan mengenai sektor industri dalam menghadapi MEA. Menurutnya, secara umum sektor industri memiliki kesiapan yang cukup bagus.

"Kalau secara umum kan cukup bagus. Pabrikan-pabrikan otomotif besar asal Jepang memindahkan pabriknya dari Thailand ke Indonesia, itu kan salah satu tanda Indonesia siap menghadapi MEA," tandasnya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.