Hatta Mengaku Kontrak Freeport Belum Diperpanjang Hingga 2041

Kompas.com - 11/04/2014, 14:53 WIB
Freeport KOMPAS/AGUS SUSANTOFreeport
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com – Menko Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa menegaskan, pemerintah belum menyepakati perpanjangan kontrak PT Freeport Indonesia hingga 2041.

“Banyak berita simpang-siur mengatakan kontrak Freeport diperpanjang 2041. Banyak yang SMS ke saya, dan marah-marah (menanyakan) mengapa Freeport sudah diperpanjang? Saya kok belum tahu, dari mana ya infonya,” ujarnya di Kantor Kemenko, Jakarta, Jumat (11/4/2014).

Hatta menyayangkan banyaknya pemberitaan terkesan menyudutkan pemerintah itu. Menurutnya, dia berkewajiban meluruskan informasi terkait renegosiasi Freeport.

“Namanya juga renegosiasi (masih berjalan). Namun, dipastikan belum ada perpanjangan sama sekali,” tegas Hatta.

Sebagai informasi kontrak raksasa tambang asal Amerika Serikat itu baru akan berakhir pada 2021. Secara pribadi, Hatta berpendapat, jika tidak ada sesuatu yang mendesak, maka kontrak Freeport tidak perlu diperpanjang terburu-buru.

Dia justru berharap, pemerintahan baru bisa ikut membahas perpanjangan kontrak Freeport. “Sebaiknya dibahas bersama (pemerintah baru). Tapi juga harus memberikan kepastian usaha, mereka yang mau berinvestasi,” pungkasnya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.