Freeport Minta Divestasi 20 Persen, Pemerintah Keberatan

Kompas.com - 14/04/2014, 15:47 WIB
Freeport KOMPAS/AGUS SUSANTOFreeport
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com – Wakil Menteri (Wamen) Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Susilo Siswoutomo menegaskan, besaran divestasi perusahaan tambang terintegrasi pengolahan sebesar 40 persen, sedangkan perusahaan hulu tambang 51 persen.

Terkait dengan divestasi PT Freeport Indonesia, dia yakin masih ada ruang negosiasi. “Mintanya ya setinggi-tingginya,” jawab Susilo singkat ditanya berapa yang dimau pemerintah, Jakarta, Senin (14/4/2014).

Yang jelas, kata dia, dalam menentukan besaran divestasi, pemerintah melihat dua hal penting. Pertama, negara harus mendapatkan bagian yang besar. Kedua, perusahaan tambang harus tetap bisa berjalan. “Karena kalau tidak, urusannya nanti untuk pendapatan negara, tenaga kerja,” imbuhnya.

Dia menambahkan, pemerintah tetap ingin Freeport divestasi maksimal. “Mau 40 persen, atau 30 persen kek, pokoknya di atas 20 persen,” kata dia.

Sebelumnya, Freeport telah mengirimkan surat kepada Menko Bidang Perekonomian Hatta Rajasa terkait sejumlah poin renegosiasi, termasuk divestasi. “Dari 51 persen divestasi yang diminta pemerintah, mereka siap 20 persen,” kata Hatta, di kantor Kemenko, Rabu (19/3/2014).

Divestasi 51 persen saham sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2012 tentang Kewajiban Divestasi Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar 51 persen.

Sementara itu, dikutip dari Harian KONTAN, Maret 2014, pengamat pertambangan Simon Sembiring, menegaskan, bila pemerintah tidak sanggup menguasai 51 persen saham Freeport, sampai kapan pun sumber kekayaan alam di tanah air bakal tetap dikuasai perusahaan asing.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.