Selamatkan Merpati, Pemerintah Terinspirasi Langkah Reindo

Kompas.com - 17/04/2014, 15:56 WIB
Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan TRIBUNNEWS/HERUDIN Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Keberhasilan Reindo menjadi perusahaan yang sehat dan terus berkembang membuat Menteri Badan Usaha Milik Negara, Dahlan Iskan, terinspirasi melakukan kebijakan yang sama untuk menyelamatkan Merpati dari krisis keuangannya.

Rencananya pemerintah akam membentuk anak perusahaan Merpati. "Model Reindo ini lah yang akan dipakai untuk menyelamatkan Merpati kalau semua pihak setuju," ujar Dahlan Iskan di Jakarta, Kamis (17/4/2014).

Dahlan menjelaskan, Reindo adalah anak perusahan Reasuransi Umum Indonesia (RUI) yang mengalami kesulitan keuangan sama seperti Merpati. Untuk menyelesaikan masalah RUI, Pemerintah membentuk anak perusahaan.

"Dulu ada RUI, perusahaan itu dulu mengalami kesulitan luar biasa, samalah seperti Merpati, utangnya kepada pemerintah banyak. Kemudian pemerintah bentuk anak perusahaan, bersih dari nol tidak ada tanggungan apa-apa, tidak dibebani dosa-dosa masa lalu, ya kayak Reindo ini," katanya.

Menurut Dahlan, sekarang Reindo sudah menjadi perusahaan yang sehat dan lumayan besar. Bahkan Dahlan mengatakan, Reindo sudah mampu mengembalikan utang perusahaan induknya yaitu RUI.

"Intinya pola yang kita pakai ke Merpati itu sudah dibuktikan oleh Reindo. Sehingga Merpati membentuk anak perusahaan dan anak perusahaan ini bekerjasama dengan yang lain. Siapa tau kelak anak perusahaan itu berkembang dan menjadi tanggungan-tangguan itu (Merpati)," tandasnya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.