BPJS Ketenagakarjaan Targetkan 15,2 Juta Pekerja Jadi Peserta

Kompas.com - 17/04/2014, 19:03 WIB
Ilustrasi pekerja Muradi/KONTANIlustrasi pekerja
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

BANDUNG, KOMPAS.com - Seiring dengan transformasi PT Jamsostek (Persero) menjadi BPJS Ketenagakerjaan, lembaga tersebut menargetkan lebih banyak pekerja Indonesia menjadi peserta guna memperoleh jaminan sosial.

"Target untuk tahun 2014 jumlah pekerja yang menjadi peserta aktif mencapai 15,2 juta tenaga kerja. Untuk aset yang dikelola mencapai Rp 186 triliun dan hasil investasi Rp 15,8 triliun," kata Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Elvyn G Masassya dalam acara Press Gathering di Hotel Jayakarta, Bandung, Kamis (17/4/2014).

Lebih lanjut Elvyn menjelaskan, pada tahun 2013 saat BPJS Ketenagakerjaan masih bernama Jamsostek, jumlah peserta aktif mencapai 12,2 juta pekerja. Adapun pembayaran jaminan mencapai Rp 11 triliun.

Sementara itu pada kuartal I-2014, jumlah kepesertaan aktif mencapai 12,38 juta orang pekerja dan 192.453 perusahaan. Angka tersebut masing-masing mengalami pertumbuhan 9,31 persen dari 11,3 juta untuk pekerja dan 12.35 persen dari 171.291 untuk perusahaan pada tahun 2012.

Elvyn mengungkapkan, sebagai konsekuensi transformasi Jamsostek menjadi BPJS Ketenagakerjaan, banyak hal yang harus dilakukan untuk meningkatkan layanan kepada peserta. Beberapa upaya yang ditempuh antara lain BPJS Ketenagakerjaan akan menambah outlet dan peningkatan kemudahan akses pada tahun 2014 ini.

"Untuk memberi kemudahan kepada pekerja yang menjadi peserta, kami akan menambah outlet menjadi 1.000 outlet dari yang sekarang 512 outlet. Kami akan meningkatkan akses, tidak hanya melalui cabang tapi juga virtual, melalui website, ponsel, dan sebagainya," papar Elvyn.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.