Kompas.com - 17/04/2014, 19:26 WIB
Ilustrasi kantor Cipaganti Baihaki/KONTANIlustrasi kantor Cipaganti
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Koperasi Cipaganti Karya Guna Persada memberikan tanggapan terkait tersendatnya pembayaran imbal hasil kepada investor. Dalam keterangan resminya kepada KONTAN, Cipaganti menegaskan bahwa pembayaran imbal hasil koperasi bukan macet, tapi terlambat.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan keterlambatan tersebut. Pertama, harga batubara mengalami penurunan harga sejak tahun 2012 yang menyebabkan koperasi turut mengalami penurunan pendapatan.

Kedua, adanya Undang-Undang Republik Indonesia No 4 tahun 2009 tentang pertambangan mineral dan batubara dan peraturan Mentri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia No 7 Tahun 2012 tentang peningkatan nilai tambah mineral melalui kegiatan pengelolaan dan pemurnian mineral.

"Peraturan tersebut berdampak pada adanya larangan ekspor hasil tambang mineral dalam bentuk bahan baku sehingga aktivitas pertambangan mengalami penurunan," jelas Cece Kadarisman, Sekretaris Koperasi Cipaganti Kamis (17/4/2014).

Terkait hal itu, lanjut Cece, pihaknya sudah mengambil sejumlah langkah. Di antaranya melakukan investor gathering yang dihadiri sekitar 800 orang mitra usaha dan menyampaikan rencana pemulihan dan stabilisasi kewajiban atau bagi hasil kepada mitra usaha.

"Sebagian besar mitra usaha memahami kondisi yang terjadi dan menyetujui rencana yang kami sampaikan," tambah Cece. (Barratut Taqiyyah)Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber Kontan
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.