Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akan Akuisisi BTN, Ini Penjelasan Bank Mandiri

Kompas.com - 22/04/2014, 17:32 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan pihaknya saat ini masih mempelajari rencana akuisisi terhadap PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN).

Namun demikian, Budi mengaku pihaknya akan menjalankan rencana tersebut dengan baik. "Sekarang lagi mengkaji. Kita percaya Kementerian BUMN punya konsep yang mendalam. Sepengetahuan saya BUMN yang pertama sudah merencanakan konsolidasi BUMN. Jadi konsolidasi bukan rencana baru, ini eksekusi rencana lama. Kita sebagai anak mereka akan jalankan dengan sebaiknya," kata Budi di Kantor Kementerian BUMN, Selasa (22/4/2014).

Saat ini, lanjut Budi, perseroan tengah mempersiapkan rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) yang akan dilaksanakan pada tanggal 21 Mei 2014 mendatang. Di samping itu, Bank Mandiri akan melakukan finalisasi terhadap struktur finansial.

"Kita pastikan dua organisasi BTN dan Bank Mandiri bisa mengerti. Kedua jajaran direksi karyawan dikomunikasikan bisa berjalan lancar. Kepemilikan pemerintah yang dipindahkan ke Mandiri 60 persen lebih," ujar dia.

Keputusan mengenai rencana akusisi tersebut diakui Budi akan diperoleh pada saat RUPSLB nanti. Adapun apabila keputusan telah diambil, BTN akan berbentuk sebagai anak usaha Bank Mandiri. "BTN akan ada sebagai anak usaha Bank Mandiri, seperti Bank Syariah Mandiri. Itu konsolidasi keuangan. Di buku Mandiri akan terkonsolidasi," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com