Kompas.com - 24/04/2014, 12:44 WIB
Pemandangan di pertambangan emas-tembaga PT Freeport Indonesia yang merupakan investasi Amerika Serikat. Indonesia hanya menerima satu persen dari bagi hasil pertambangan di lokasi yang menghasilkan sekurangnya 300 kilogram emas setiap hari. Pada 25 tahun pertama beroperasi, Republik Indonesia tidak menerima bagi hasil dari penambangan emas. KOMPAS/IWAN SANTOSAPemandangan di pertambangan emas-tembaga PT Freeport Indonesia yang merupakan investasi Amerika Serikat. Indonesia hanya menerima satu persen dari bagi hasil pertambangan di lokasi yang menghasilkan sekurangnya 300 kilogram emas setiap hari. Pada 25 tahun pertama beroperasi, Republik Indonesia tidak menerima bagi hasil dari penambangan emas.
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Freeport Indonesia dan PT Newmont Nusa Tenggara akhirnya mendapatkan rekomendasi izin ekspor dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

"Hari ini akan kita kirim (rekomendasi ke Kementerian Perdagangan)," ujar Direktur Jenderal Minerba, Kementerian ESDM, R Sukhyar, di Jakarta, Kamis (24/4/2014).

Sukhyar menyebutkan, selain Freeport dan Newmont, ada tiga perusahaan tambang yang juga mengantongi rekomendasi izin ekspor. Mereka adalah PT Sebuku Iron Lateritic Ores (SILO), PT Lumbung Mineral Sentosa, serta PT Damar Narmada Bakti.

Meski mengaku tak hapal berapa volume rekomendasi yang diberikan, Sukhyar memperkirakan, ekspor mineral Freeport dan Newmont mencapai miliaran dollar AS. Sukhyar pun mengamini ketika ditanya uang kesungguhan jaminan smelter Freeport sudah diserahkan.

"Ada sudah. Kalau sudah menulis bersedia (bangun smelter), tinggal taruh (uang) di bank," ujarnya.

Dia pun mengatakan, bank yang akan dititipi uang kesungguhan sebaiknya bank nasional. "Lebih bagus lagi bank BUMN," tukasnya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.