Kembali Turun, Harga Emas Dunia di Bawah 1.300 Dollar AS

Kompas.com - 30/04/2014, 07:39 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Harga emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir turun pada Selasa (29/4/2014) waktu setempat (Rabu pagi WIB) untuk sesi kedua berturut-turut. Sebagian besar tertekan oleh kenaikan dalam ekuitas Amerika Serikat.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Juni turun 2,7 dollar AS atau 0,21 persen menjadi menetap di 1.296,3 dollar AS per ounce.

Beberapa analis mengatakan, investor memilih aset-aset ekuitas yang lebih berisiko setelah beberapa pelemahan, di bawah ekspektasi data kepercayaan konsumen dari Amerika Serikat membebani perdagangan emas pada hari ini.

Indeks kepercayaan konsumen AS turun menjadi 82,3 pada April dari angka direvisi 83,9 pada Maret. Ini mencerminkan penilaian kondisi bisnis dan pasar tenaga kerja saat ini kurang menguntungkan, seperti data yang dirilis oleh Conference Board pada Selasa.

Revisi naik Maret menempatkan indeks pada bulan tersebut di tingkat tertinggi sejak Januari 2008. Namun, angka April masih sedikit di bawah perkiraan Wall Street. Selain itu, pedagang mengatakan, investor juga menunggu hasil dari pertemuan dua hari Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) AS yang dimulai Selasa.

Indeks dollar AS, yang merupakan indikator greenback terhadap enam mata uang utama dunia, berada pada 79,80 pada Selasa, naik dari penutupan sebelumnya 79,70 pada akhir Senin di perdagangan Amerika Utara.

Sementara itu, perak untuk pengiriman Juli turun 8,1 sen atau 0,41 persen menjadi ditutup pada 19.538 dollar AS per ounce.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.