Kompas.com - 30/04/2014, 10:53 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani
BOGOR, KOMPAS.com – Pembenahan pertanian harus dimulai dari perbaikan akses dan kesejahteraan petani. Karenanya, pembentukan bank pertanian pun masuk dalam rencana kerja bakal calon presiden dari PDI-P Joko Widodo bila terpilih dalam Pemilu Presiden 2014.

“Tanpa modal, para petani akan mengalami kesulitan. Misalnya untuk biaya pembibitan maupun pengelolaan tanah," kata anggota Komisi XI DPR dari FPDI-P Arif Budimanta, Selasa (29/4/2014). Selama ini, ujar dia, para petani sampai meminjam modal ari lembaga non-bank dan kemudian kesulitan membayarnya.

Arif mengatakan, rencana pembentukan bank pertanian ini merupakan langkah Jokowi untuk menjamin ketersediaan modal bagi para petani. Bank ini, ujar dia, merupakan bank baru yang khusus dibentuk untuk keperluan itu atau mengonversi bank yang sudah ada saat ini menjadi bank pertanian.

"Bank pertanian ini nantinya diharapkan mampu menyediakan sumber modal yang murah dan tepat waktu bagi petani,” imbuh Arif. Ke depan, kata dia, akan dikembangkan pula sistem penjaminan untuk pasar produk pertani, termasuk jaminan harga yang baik untuk komoditas strategis yang dihasilkan petani.

“Penataan kembali tata niaga produk-produk pertanian akan dilakukan," kata Arif. Tujuannya, sebut dia, memberikan manfaat optimal bagi petani sekaligus menjamin ketersediaan kebutuhan konsumen dari kuantitas maupun harga yang terjangkau.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.