Kompas.com - 01/05/2014, 11:37 WIB
Pekerja mengemas biji kakao di Kawasan Industri Makassar, Sulawesi Selatan, beberapa waktu lalu KOMPAS/ASWIN RIZAL HARAHAPPekerja mengemas biji kakao di Kawasan Industri Makassar, Sulawesi Selatan, beberapa waktu lalu
EditorErlangga Djumena

MAKASSAR, Kompas.com —
Setelah sempat molor, pabrik cokelat milik Kalla Group dipastikan akan beroperasi akhir Mei 2014.

Direktur Keuangan Kalla Group Imelda Jusuf Kalla mengatakan, pabrik cokelat yang berlokasi di Jalan Poros Bandara, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, tersebut diharapkan mampu menghasilkan pengolahan hingga 35.000 ton per tahun.

Dipilihnya Sulawesi Tenggara menurut Imelda berdasarkan pertimbangan produksi kakao di daerah tersebut yang cukup besar.

Dikatakannya untuk bahan baku, 80 persen kontribusi masih dari Sulawesi Tenggara seperti Kolaka, dan sisanya dari beberapa daerah seperti Sulsel.

Di bawah kelola perusahaan PT Kalla Kakao Industri, pabrik ini akan mengelola biji cokelat menjadi bubuk cokelat, cokelat cair, dan butter.

"Untuk produksi kami lebih pada pasar ekspor dengan membidik negara-negara seperti Tiongkok, India, Australia, hingga Timur Tengah," jelasnya.

Dalam proyek ini, Kalla Group menggandeng bank CIMB Niaga sebagai mitra pembiayaan dengan komitmen investasi Rp 350 miliar.

Dari sisi kualitas ia menyebutkan bahwa mesin-mesin yang digunakan untuk pengolahan didatangkan khusus dari Jerman dengan lisensi terbaik standar internasional.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Guna mendukung operasional pabrik, dihadirkan pula gudang penampungan biji kakao berkapasitas 1.500 ton. (Hajrah)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.