Kompas.com - 02/05/2014, 06:52 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
EditorErlangga Djumena

CHICAGO, KOMPAS.com
- Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange pada perdagangan Kamis (1/5/2014) waktu setempat (Jumat pagi WIB)  turun lagi untuk keempat hari berturut-turut, seiring dengan positifnya data ekonomi Amerika Serikat.

Kontrak emas yang paling aktif untuk Juni, melorot 12,5 dollar AS atau 0,96 persen, menjadi ditutup pada 1.283,4 dollar AS per ounce.

Penurunan hari keempat untuk harga emas ini karena data ekonomi positif telah mengurangi permintaan investasi pada aset "safe haven" emas.

Di antara data positif yang menyebabkan emas jatuh, Departemen Perdagangan AS melaporkan pada Kamis bahwa belanja konsumen meningkat 0,9 persen, kenaikan terbesar sejak akhir 2009. Laporan yang sama juga mengatakan bahwa pendapatan pribadi AS naik 0,5 persen.

Penurunan emas itu dibantu oleh sebuah laporan yang menunjukkan manufaktur di AS meningkat, indeks dari Institute for Supply Management (ISM) menunjukkan bahwa indeks naik menjadi 54,9 persen pada bulan lalu, tingkat tertinggi sejak Desember.

Sementara itu, Federal Reserve AS kembali memangkas strategi pembelian obligasinya sebesar 10 miliar dollar AS menjadi 45 miliar dollar AS mulai Mei.

Emas juga turun karena Departemen Perdagangan AS menyatakan bahwa pengeluaran untuk proyek-proyek konstruksi AS naik 0,2 persen pada Maret ke tingkat tahunan yang disesuaikan secara musiman 942,5 miliar dollar AS pada proyek-proyek perumahan swasta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Laporan itu mengatakan bahwa pengeluaran naik 0,8 persen untuk pembangunan perumahan, dan naik 0,2 persen untuk proyek-proyek non hunian. Dalam bidang proyek-proyek publik, belanja turun 6,6 persen untuk konstruksi perumahan dan 0,5 persen untuk konstruksi non hunian.

Meskipun berita positif sebagian besar optimis, penurunan emas terganggu oleh laporan Departemen Tenaga Kerja AS yang dirilis Kamis, mengatakan bahwa klaim pengangguran naik 14.000 ke tingkat tertinggi sembilan minggu 344.000. Analis tidak memperkirakan klaim pengangguran meningkat.

Analis hati-hati menunggu laporan pekerjaan yang banyak diantisipasi yang akan dirilis pada Jumat. Di sisi teknis, analis juga mengatakan bahwa mereka masih melihat permintaan yang baik untuk emas dari pasar Tiongkok.

Sementara Perak untuk pengiriman Juli turun 13,1 sen atau 0,68 persen, menjadi ditutup pada 19,043 dollar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman Juli turun 0,4 dollar AS atau 0,03 persen, menjadi berakhir pada 1.427,5 dollar AS per ounce. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.