Kompas.com - 02/05/2014, 08:48 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Aneka sentimen dari luar dan dalam negeri mengepung pergerakan rupiah pada perdagangan Jumat (2/5/2014). Rupiah mencoba bertahan dalam rentang yang sudah dicapai pada perdagangan sebelumnya.

Produk Domestik Bruto Amerika Serikat (AS) pada triwulan pertama tahun ini GDP AS yang hanya 0,1 persen tidak  menghalangi the Fed untuk kembali memangkas jumlah pembelian obligasi bulanan dari 55 juta dollar AS ke 45 juta dollar AS.

Walaupun data ekonomi diumumkan sangat buruk beberapa bulan terakhir, the Fed masih yakin bahwa cuaca buruk adalah penyebabnya sehingga ke depan situasi akan berangsur membaik.

Riset Samuel Sekuritas Indonesia menyatakan, belum ada informasi tambahan mengenai kapan Fed rate akan naik. Dollar Index masih bertahan di bawah 80 hingga dini hari tadi. Malam ini ditunggu data tingkat pengangguran dan pertambahan non-farm payrolls AS yang diperkirakan membaik.  

Selain pengaruh global, rupiah hari ini akan dipengaruhi oleh faktor domestik, yakni pengumuman inflasi dan neraca perdagangan. Inflasi diperkirakan melambat ke 7,2-7,3 secara tahunan sementara surplus neraca perdagangan berpeluang menipis.

"Rupiah berpeluang bertahan di kisaran Rp 11.550-11.650 per dollar AS dengan kecenderungan melemah," tambahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.