Kompas.com - 02/05/2014, 10:30 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Pengelolaan Utang Kementerian Keuangan RI meluncurkan surat utang atau obligasi Saving Bonds Ritel Republik Indonesia seri SBR001. Peluncuran ini bertujuan guna menutup defisit pemerintah sekaligus menambah jumlah investor domestik.

"Melanjutkan sukses ORI (Obligasi Ritel Indonesia) sebelumnya, pemerintah berinovasi mengenalkan obligasi negara ritel bernama Saving Bonds Ritel (SBR). Dengan SBR ini penerbitan obligasi negara ritel akan dilakukan dua kali. Pertama di semester I yang diluncurkan hari ini dan di semester II 2014," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Pengelolaan Utang Robert Pakpahan di Kantor Kementerian Keuangan, Jumat (2/5/2014).

Robert menjelaskan terdapat 21 agen penjual yang akan memasarkan SBR seri SBR001 ini kepada masyarakat. Adapun masa penawaran SBR001 adalah dari tanggal 2 Mei hingga 22 Mei 2014 dan penerbitan pada tanggal 30 Mei 2014.

"Program pengembangan dan pendalaman pasar melalui SBR punya peran strategis. Kontribusi ORI SBN (Surat Berharga Negara) 1 persen pada 2013 dan 3 persen pada April 2014. Ritel outstading per April 2014 6 persen terhadap SBN," papar Robert.

Menurut Robert, potensi pengembangan obligasi ritel terus besar karena didorong pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) perbankan yang terus meningkat. Adapun penerbitan instrumen baru, lanjutnya, menjadi sebuah kewajiban bagi pemerintah.

"DPK perbankan sekarang mencapai Rp 3.750 triliun. Penerbitan instrumen baru jadi keharusan karena pemerintah masih terus terbitkan obligasi SBN untuk refinancing maupun menutup defisit. Kita menambah instrumen baru untuk menambah jumlah investor domestik," jelasnya.

Jenis kupon SBR001 ini adalah berupa kupon mengambang yang disesuaikan setiap 3 bulan dengan tingkat kupon minimal 8,75 persen. Pesanan minimal sebesar Rp 5 juta dan maksimal Rp 5 miliar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.