Kompas.com - 04/05/2014, 19:49 WIB
EditorErlangga Djumena


JAKARTA, KOMPAS.com -
Nilai mata uang garuda diprediksi masih akan loyo tahun depan. Berbagai faktor baik dalam negeri ataupun luar menjadi bayang-bayang rupiah pada pemerintahan baru.

Ekonom Samuel Asset Manajemen Lana Soelistianingsih menilai kinerja rupiah pada tahun depan akan berada pada level 11.500. "Ada potensi rupiah menguat kalau pasar suka dengan pemerintahan baru," sebutnya.

Rupiah berpotensi menguat ke level 10.000 apabila Presiden dan Wakil Presiden yang terpilih adalah Joko Widodo dan Jusuf Kalla. Menurutnya, kedua sosok tersebut adalah sosok yang disukai pasar saat ini.

Sementara Kepala Ekonom Bank Tabungan Negara (BTN) A. Prasetyantoko berpendapat ada dua hal yang mempengaruhi kinerja rupiah tahun depan. Pertama, faktor eksternal yakni berupa langkah bank sentral Amerika yang akan menaikkan suku bunganya.

Kedua, faktor internal. Faktor ini berupa kenaikan isu bahan bakar minyak (BBM). Selain itu, defisit transaksi berjalan. Tidak ada jaminan dalam jangka menengah neraca transaksi berjalan akan membaik signfikan apabila pemerintahan baru tidak mengambil kebijakan strategis terutama soal pengendalian bbm.

Karena itu, Prasetyantoko menilai nilai tukar rupiah tahun depan masih akan berada pada kisaran 11.500-12.000. "Faktor domestik dan global belum terlalu menguntungkan tahun depan," tandasnya.

Untuk tahun ini saja, dirinya memperkirakan rupiah hingga akhir tahun akan berada pada level 11.200. (Margareta Engge Kharismawati)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.