Kompas.com - 06/05/2014, 09:05 WIB
Teller sebuah bank di Jakarta Selatan menghitung uang rupiah di atas dolar Amerika Serikat. TRIBUNNEWS/HERUDIN Teller sebuah bank di Jakarta Selatan menghitung uang rupiah di atas dolar Amerika Serikat.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Sentimen eksternal lebih kuat memengaruhi posisi nilai tukar rupiah dalam jangka pendek. Tekanan terhadap dollar AS mendorong penguatan rupiah bersama mata uang lain di kawasan regional Asia.

Rupiah menguat hingga kemarin sore walaupun pertumbuhan PSDB Indonesia diumumkan melambat ke 5,21 persen secara tahunan atau yang terendah semenjak krisis global 2009. Bahkan setelah PMI Manufacturing China diumumkan bertahan di 48, rupiah masih menguat bersama kurs Asia lainnya.

Menurut riset Samuel Sekuritas Indonesia, penguatan rupiah berpeluang berlanjut pada perdagangan Selasa (6/5/2014). Dari eksternal, data ISM Non-Manufacturing PMI AS yang baik tadi malam diumumkan membai sehingga mencegah Dollar Index untuk turun lebih dalam.

Yield US Treasury 10 tahun pun kembali naik setelah terperosok ke level terendah semenjak Januari lalu. Pelemahan dollar AS diproyeksikan berpeluang mendorong penguatan mata uang Asia hari ini. Data Composite PMI Zona Eropa ditunggu hari ini.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.