Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kucurkan Ratusan Miliar, Astra Agro Bangun Dua Pabrik PKS

Kompas.com - 06/05/2014, 14:56 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
- Produsen minyak sawit mentah (crude palm oil) PT Astra Agro Lestari Tbk. (AALI), melakukan ekspansi bisnis dengan membangun dua pabrik kelapa sawit (PKS) yang berlokasi di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, dan Kabupaten Penajam, Pasir, Kalimantan Timur.

Direktur Astra Agro Lestari Joko Supriyono mengatakan, perseroan mengeluarkan modal sekitar Rp 100 miliar hingga Rp 150 miliar untuk masing-masing pabrik. "Itu untuk pabriknya saja, belum termasuk infrastruktur dan lainnya," ujarnya ditemui di sela-sela Forest Asia Summit 2014, di Jakarta, Selasa (6/5/2014).

Pembangunan pabrik direncanakan berjalan selama satu setengah tahun. Diperkirakan pabrik yang masing-masing bisa memproduksi minyak kelapa sawit curah sebanyak 45 ton per jam itu, bakal mulai beroperasi tahun depan. "Mudah-mudahan beroperasi tahun depan, kalau enggak pertengahan, ya kuartal ketiga," kata Sekjen Gapki itu.

Saat ini Astra Agro Lestari telah memiliki beberapa PKS, diantaranya juga terletak di Sulawesi dengan kapasitas produksi mencapai 600.000 ton per tahun.

Namun, ketika ditanya apakah Astra Agro Lestari akan mengepakkan sayap bisnis sampai industri hilir, seperti minyak goreng, Joko mengelak. "Kita belum mau masuk ke ritel," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com