Kalahkan AS, Akhir Tahun Tiongkok Menjadi Negara Perekonomian Terbesar di Dunia

Kompas.com - 07/05/2014, 07:48 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com
 — Amerika Serikat (AS) yang telah menempati takhta sebagai negara perekonomian terbesar di dunia selama lebih dari 140 tahun diprediksi akan tergeser akhir tahun ini.

Laporan Proyek Perbandingan Internasional (ICP) yang baru-baru ini dirilis Bank Dunia menunjukkan bahwa ekonomi Tiongkok berada sangat dekat di belakang AS, dan sepertinya akan mengalahkan AS tahun ini.

"Data ini merevolusi gambaran lanskap ekonomi dunia, menyoroti pentingnya negara-negara berpenghasilan menengah. Temuan-temuan akan mengintensifkan argumen mengenai kontrol terhadap organisasi internasional seperti Bank Dunia dan IMF, yang semakin berada di luar 'wilayah' seiring keseimbangan kekuatan ekonomi global," sebut laporan ICP seperti dikutip dari The Huffington Post, Rabu (7/5/2014).

Sebelumnya, Negari Tirai Bambu ini memang diprediksi akan menyusul perekonomian AS dalam tahun-tahun mendatang. OECD misalnya, organisasi ini memperkirakan Tiongkok akan menjadi ekonomi terbesar dunia pada 2016. Sementara itu, Pemerintah Tiongkok sendiri menargetkan, tahun 2019 bisa menyalip AS. Sementara itu, Pusat Riset Ekonomi dan Bisnis memprediksi, setidaknya baru pada tahun 2028 Tiongkok menyusul AS.

Ekonomi Tiongkok diharapkan dapat tumbuh sebesar 24 persen selama kurun 2011 hingga 2014. Adapun ekonomi AS diperkirakan tumbuh sekitar 7,5 persen. Artinya, Tiongkok akan mengambil alih predikat ekonomi terbesar dunia dari AS tahun ini.

AS telah menjadi raksasa ekonomi dunia sejak tahun 1872 silam. Saat itu, AS menggeser Inggris sebagai jawara perekonomian terbesar dunia. Spekulasinya, bila Tiongkok benar menjadi ekonomi terbesar dunia, maka akan menambah tekanan dalam kegiatan perdagangan atau perjanjian dagang.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.