Bangun Pabrik Baru, SMGR Dapat Pinjaman Bank Mandiri Rp 1,9 Triliun

Kompas.com - 07/05/2014, 14:45 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) akan memperoleh dana pinjaman sebesar Rp 1,9 triliun untuk membiayai proyek pembangunan pabrik semen Indarung VI di Sumatra Barat.

Direktur Keuangan Semen Indonesia Ahyanizzaman mengatakan pinjaman dengan skema sindikasi akan dipimpin PT Bank Mandiri Tbk. "Jumat besok kita akan tanda tangan dari sindikasi perbankan yang dipimpin Bank Mandiri. Dana pinjamannya sekitar Rp 1,9 triliun," kata Ahyanizzaman di Gedung Bursa Efek Indonesia, Rabu (7/5/2014).

Total investasi yang dibutuhkan untuk pembangunan pabrik di Indarung diakui Ahyanizzaman berada pada kisaran Rp 3,25 triliun. Adapun kapasitas produksi pabrik baru tersebut mencapai 3 juta ton per tahun.

Porsi ekuitas perseroan mencapai 40 persen dan sisanya berasal dari perbankan. Lebih lanjut, ia mengatakan bunga yang akan didapatkan dari fasilitas kredit ini berkisar 9 hingga 9,5 persen dengan masa tenggang 3 tahun.

Fasilitas pinjaman ini tidak akan ditarik pada tahun ini, namun perseroan berencana akan menggunakannya pada kuartal IV tahun 2015 mendatang. Adapun terkait proses restrukturisasi hutang salah satu entitas usahanya, Thang Long Cement Ciam di Vietnam, perseroan telah mendapatkan pendanaan dari Bank Mandiri senilai Rp 1 triliun pada akhir bulan Maret lalu.

Namun hingga saat ini perseroan masih menunggu izin dari Bank Central Vietnam untuk melancarkan aksinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.