Fasilitas Kredit Bank Mandiri ke Semen Padang Rp 1,9 Triliun Diteken

Kompas.com - 08/05/2014, 17:24 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Mandiri menyepakati pemberian fasilitas kredit investasi senilai Rp1,95 triliun kepada PT Semen Padang, anak usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Dana tersebut untuk membiayai pembangunan pabrik Semen Indarung VI di Padang, Sumatera Barat.

Executive Vice President Corporate Banking Bank Mandiri Didiek Hartantyo menuturkan, fasilitas pinjaman tersebut bertenor delapan tahun dan akan memenuhi 53 persen dari total kebutuhan investasi untuk pembangunan pabrik.

Selain itu, Bank Mandiri juga memberikan fasilitas treasury line senilai 10 juta dollar AS kepada PT Semen Padang untuk memperkuat likuiditas valas perusahaan.

”Langkah ini merupakan bagian dari komitmen kami menyediakan pendanaan bagi peningkatan kapasitas produksi industri semen nasional guna mendukung pembangunan infrastruktur dan merealisasikan program yang telah dicanangkan pemerintah,” ungkap Rico dalam keterangan resminya, Kamis (8/5/2014).

Menurut Rico, fasilitas pinjaman tersebut merupakan bagian dari upaya perseroan dalam mendukung ekspansi bisnis Semen Indonesia Group.

Sementara itu, Direktur Utama Semen Padang Munadi Arifin mengemukakan bahwa kerjasama finansial dengan Bank Mandiri dapat mendukung ekspansi bisnis Semen Padang melalui peningkatan kapasitas produksi. Perseroan akan membangun pabrik semen Indarung VI, yang memiliki kapasitas hingga 3 juta ton per tahun.

Hingga tiwulan pertama 2014, pembiayaan Bank Mandiri ke sektor industri manufaktur telah mencapai Rp81,6 triliun, tumbuh 16,59 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya. Sementara khusus untuk industri semen, kucuran kredit Bank Mandiri hingga akhir Maret 2014 telah mencapai Rp2,1 triliun, naik  3,7 persen dari Maret 2013.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.