Kompas.com - 09/05/2014, 14:27 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Penerapan faktur elektronik (e-faktur) yang bermanfaat bagi Direktorat Jenderal Pajak (DJP) untuk menekan pelaporan pajak fiktif juga bermanfaat bagi Perusahaan Kena Pajak (PKP) dalam melaporkan transaksi penjualan mereka.

"Ini memberikan PKP kemudahan untuk tidak menandatangani secara manual. Nanti pakai tanda tangan digital," kata Oktria Hendrarji, Kasubdit Peraturan PPn, Perdagangan, Jasa, dan PTLL, DJP, Kementerian Keuangan, ditemui di Kantor DJP, Jumat (9/5/2014).

Dengan tanda tangan digital ini, lanjut dia, pejabat perusahaan akan menghemat waktu menandatanganii ribuan lembar faktur pajak. Selain itu, e-faktur juga menghemat kertas sehingga menekan biaya operasional perusahaan untuk keperluan administrasi. Tanda tangan digital ini berbentuk QR barcode.

Oktria mengatakan, DJP sangat memperhatikan segi keamanan data digital PKP teregistrasi. "Kita diskusikan dengan Lembaga Sandi Negara sehingga data yang dikirim elektronik sudah terlindungi," ujarnya.

Aplikasi dan infrastruktur e-faktur ini telah disiapkan Direktorat TI, DJP, Kemenkeu, sejak 2012 dan rampung pada 2013 lalu. "Kita kerjakan sendiri, Direktorat TI, mereka yang bikin. Infrastrukturnya kita pakai hasil kerja sama dengan Kemenkeu. Sehingga relatif tidak ada anggaran yang besar untuk e-faktur ini. Mungkin cuma untuk rapat-rapat, pelatihan, dan sosialisasi ke PKP," ucap Direktur Peraturan Perpajakan I DJP Kementerian Keuangan Irawan.

Sebagai informasi, Menteri Keuangan telah menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No.151/PMK/011/2013 tanggal 11 November 2013 tenang Tata Cara Pembuatan dan Tata Cara Pembetulan atau Penggantian Faktur Pajak.

Dalam PMK tersebut diatur bahwa faktur pajak terdiri dari faktur pajak berbentuk elektronik (e-faktur pajak) dan faktur pajak berbentuk kertas (hardcopy).Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.