Kompas.com - 09/05/2014, 21:09 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat saat ini terdapat setidaknya empat perusahaan asuransi yang akan hadir di industri keuangan syariah nasional. Keempat perusahaan tersebut berada dalam pipeline perizinan.

"Ada 4 perusahaan. PT ACE Life Assurance untuk izin pembukaan unit syariah, PT Maskapai Asuransi Sonwelis untuk izin konversi dari asuransi konvensional ke syariah, PT Asuransi Parolamas untuk izin spin-off unit syariah menjadi anak perusahaan asuransi syariah, dan Kospin Jasa telah menyampaikan permohonan izin prinsip untuk mendirikan asuransi jiwa syariah," kata Deputi Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mulya Siregar, Jumat (9/5/2014).

Sementara itu, Mulya pun melaporkan PT Asuransi Tokio Marine mengumumkan mengembalikan izin unit syariah pada bulan Februari 2014 lalu. "Tokio Marine itu kan lebih fokus ke kargo kelautan, jadi mungkin dia lebih ingin fokus ke situ," ungkap dia.

Secara umum, industri keuangan syariah nasional pada kuartal I 2014 cenderung mengalami perlambatan pertumbuhan. Selain persaingan yang ketat, suku bunga perbankan pun ikut menyumbang dampak penurunan pertumbuhan.

"Perlambatan pertumbuhan dipengaruhi ketatnya persaingan di pasar funding seiring tren kenaikan suku bunga, perlambatan pertumbuhan sektor riil dan konsolidasi internal beberapa bank," jelas dia.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.