Kompas.com - 14/05/2014, 14:42 WIB
Ilustrasi Kantor LPS Baihaki/KONTANIlustrasi Kantor LPS
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) memutuskan melakukan evaluasi tingkat bunga penjaminan dalam rupiah dan valuta asing untuk bank umum serta simpanan untuk bank perkreditan rakyat (BPR).

Tingkat bunga simpanan yang berlaku per 15 Mei hingga 14 September 2014 naik sebesar 25 basis poin, sedangkan simpanan tak mengalami kenaikan. Dengan demikian, tingkat penjaminan bunga untuk bank umum dalam rupiah menjadi 7,75 persen dan valas menjadi 1,50 persen. Adapun untuk simpanan bagi BPR dalam rupiah 10,25 persen.

Kepala Eksekutif LPS Kartika Wirdjoatmojo mengatakan, LPS rate memang berbeda dengan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) alias BI rate. Kartika mengungkapkan, besaran LPS rate memang sedikit lebih tinggi dibandingkan BI rate.

"LPS rate sejak Maret 2011 sampai Maret 2012 memang lebih tinggi dari BI rate. BI rate itu adalah indikator dari regulator moneter, yaitu BI, untuk menjaga inflasi dan kontraksi maupun ekspansi moneter," kata Kartika di Jakarta, Rabu (14/5/2014).

Adapun LPS rate, lanjut Kartika, merupakan indikator yang menunjukkan proporsi dana masyarakat yang disimpan di perbankan yang menjadi anggota penjaminan LPS.

Kartika mengaku pihaknya merasa perlu menaikkan LPS rate karena kondisi suku bunga yang berlaku di pasar saat ini. "Kenaikan suku bunga pasar saat ini cukup tajam. Sehingga, kami merasa perlu menyesuaikan supaya kami tidak off the market atau lebih rendah dari pasar," ujar dia.

LPS memandang saat ini masih terjadi tren kenaikan tingkat bunga yang cukup tajam di antara perbankan. Berdasarkan pantauan LPS, selama periode Januari hingga April 2014, kenaikan tingkat bunga perbankan telah mencapai 24 basis poin. LPS mengupayakan agar tingkat bunga penjaminan dapat mencakup 90 persen dari jumlah nasabah penyimpan pada seluruh bank.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.