Kementerian ESDM: Pasokan Listrik Akan Aman pada 2018

Kompas.com - 14/05/2014, 15:40 WIB
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik Kompas.com/SABRINA ASRILMenteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan, saat ini pasokan listrik di Jawa sudah masuk dalam keadaan "lampu kuning". Pemadaman listrik yang terjadi tidak hanya disebabkan rusaknya pembangkit listrik, tetapi juga pasokan listrik yang terus menurun.

Menteri ESDM Jero Wacik mengatakan bahwa saat ini Kementerian ESDM sedang menambah pasokan listrik di Sumatera dan Jawa. Menurut dia, masyarakat baru bisa merasakan hasilnya pada 2018 mendatang.

"Kita tidak boleh sedih. Kita mempersiapkan tambahan listrik di Sumatera, di mulut tambang, dengan batu bara tambah listrik dengan 5.000 megawatt, ditambah lagi pembangkit geotermal di Sarula, PLTA Danau Kerinci, Danau Toba, dan Asahan. Di Jawa, kita tambah 7.000 megawatt, dari PLTU Paiton, Jepara, Cirebon, Banten, dan Jawa Barat. Kalau ini dibangun semua dan jadi tahun 2018, tenanglah kita," ujar Jero Wacik di Jakarta, Rabu (14/5/2014).

Jero mengatakan, defisit listrik saat ini disebabkan oleh banyaknya pemakaian listrik yang dilakukan masyarakat kelas menengah. Menurut dia, semakin banyaknya kelas menengah menjadi faktor naiknya penggunaan listrik yang akhirnya membuat terjadinya defisit listrik.

Untuk mencegah semakin berkurangnya pasokan listrik, Jero mengimbau masyarakat untuk menghemat pemakaian listrik. "Karena itu, kita sekarang berhemat (listrik) dululah," katanya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.