Kompas.com - 16/05/2014, 09:30 WIB
|
EditorErlangga Djumena


JAKARTA.
Nilai tukar rupiah di pasar spot pagi hari ini, Jumat (16/5/2014) melanjutkan penguatan. Pada pukul 08.40 WIB rupiah menguat 0,15 menjadi Rp 11.430 per dollar Amerika Serikat (AS).

Nilai rupiah pagi ini menguat jika dibandingkan perdagangan pada Rabu lalu (14/5/2014), yang berakhir pada Rp 11.447 per dollar AS.

Sementara itu, kurs tengah yang terakhir ditetapkan oleh BI pada Rabu (14/5/2014) lalu ada di posisi Rp 11.487 per dolar AS. Penguatan rupiah ini terjadi sejak awal pekan ini.

Sebelumnya, penguatan mata uang emerging market termasuk Indonesia terkait dengan data ekonomi AS yang terbilang mengecewakan. Asal tahu saja, data penjualan ritel AS pada April lalu hanya naik 0,1 persen, lebih rendah ketimbang nilai tengah konsensus Bloomberg yang mematok kenaikan sebesar 0,4 persen.

Kondisi ini yang kemudian menyebabkan dollar AS melemah. Asal tahu saja, Bloomberg Dollar Index mencatatkan penurunan terbesar sejak 6 Mei lalu. Adapun sentimen lainnya adalah perkembangan politik di Indonesia yang positif menjelang pemilihan presiden pada 9 Juli mendatang.

"Penguatan mata uang Asia didorong oleh pelemahan dollar AS. Pandangan kami adalah dollar akan tetap lemah ke depan dan akan rebound pada paruh kedua nanti," jelas Nizam Idris, head of strategy for fixed income and currencies Macquarie Bank Ltd kepada Bloomberg di Singapura pada Rabu lalu (14/5/2014). (Asnil Bambani Amri)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.