Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kian Perkasa, Rupiah Lanjutkan Penguatan

Kompas.com - 16/05/2014, 09:30 WIB
Erlangga Djumena

Penulis


JAKARTA.
Nilai tukar rupiah di pasar spot pagi hari ini, Jumat (16/5/2014) melanjutkan penguatan. Pada pukul 08.40 WIB rupiah menguat 0,15 menjadi Rp 11.430 per dollar Amerika Serikat (AS).

Nilai rupiah pagi ini menguat jika dibandingkan perdagangan pada Rabu lalu (14/5/2014), yang berakhir pada Rp 11.447 per dollar AS.

Sementara itu, kurs tengah yang terakhir ditetapkan oleh BI pada Rabu (14/5/2014) lalu ada di posisi Rp 11.487 per dolar AS. Penguatan rupiah ini terjadi sejak awal pekan ini.

Sebelumnya, penguatan mata uang emerging market termasuk Indonesia terkait dengan data ekonomi AS yang terbilang mengecewakan. Asal tahu saja, data penjualan ritel AS pada April lalu hanya naik 0,1 persen, lebih rendah ketimbang nilai tengah konsensus Bloomberg yang mematok kenaikan sebesar 0,4 persen.

Kondisi ini yang kemudian menyebabkan dollar AS melemah. Asal tahu saja, Bloomberg Dollar Index mencatatkan penurunan terbesar sejak 6 Mei lalu. Adapun sentimen lainnya adalah perkembangan politik di Indonesia yang positif menjelang pemilihan presiden pada 9 Juli mendatang.

"Penguatan mata uang Asia didorong oleh pelemahan dollar AS. Pandangan kami adalah dollar akan tetap lemah ke depan dan akan rebound pada paruh kedua nanti," jelas Nizam Idris, head of strategy for fixed income and currencies Macquarie Bank Ltd kepada Bloomberg di Singapura pada Rabu lalu (14/5/2014). (Asnil Bambani Amri)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com