Pengganti Hatta Harus Fokus Menjaga Stabilitas Harga

Kompas.com - 16/05/2014, 09:38 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengamat ekonomi menyatakan, dalam kurun waktu yang tidak lama ini, pengganti Hatta Rajasa yang bertugas mengkoordinasikan berbagai kementerian sebaiknya fokus saja pada menjaga stabilitas harga jelang Ramadhan dan pemilihan presiden.

"Yang pasti untuk memenuhi harapan kita semua waktunya tidak banyak," kata Enni Sri Hartati, Direktur Eksekutif INDEF, kepada Kompas.com, Kamis (15/5/2014).

"Ini kita mau Ramadhan bulan depan, itu ketersediaan pasokan dan stabilitas harga jadi ujian utama, apalagi Mendagnya juga baru. Dan habis itu masuk piplres kan, jadi stabilitas harga dan pasokan jadi isu utama," kata dia lagi.

Enni menambahkan, stabilitas harga dan pasokan tersebut bakal terkait pula dengan kebijakan impor. "Kalau sudah menjelang momen Lebaran, (Kementerian) Perdagangan suka panik, impor-impor. Jadi harus bisa mengkoordinasikan itu dengan perindustrian dan pertanian," ujarnya.

Menurutnya, ada kelebihan dan kekurangan, ketika Menko Bidang Perekonomian yang baru nanti berasal dari kalangan dunia usaha. Enni menuturkan, masyarakat tentu berharap Menko baru yang dari kalangan usaha itu bisa menangani masalah stabilitas harga. Meski tidak bisa dipungkiri, jika dari luar pemerintahan membutuhkan adaptasi.

"Kalau dunia usaha, pasti beliau akan sangat tahu persis apa kendalanya dan solusinya. Cuman, kalau dunia usaha siapa yang bisa menjamin konflik kepentingan, arus bisa menjadi regulator yang steril dari kepentingan bisnisnya sendiri dan kelompok," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.