Jelang Ramadhan, Belum Ada Lonjakan Pengiriman Barang Lewat KA

Kompas.com - 19/05/2014, 08:14 WIB
|
EditorErlangga Djumena
JAKARTA, KOMPAS.com – Jelang pemilihan presiden dan bulan Ramadhan 2014, belum ada lonjakan frekuensi pengiriman barang lewat kereta api.

“Belum ada lonjakan pengiriman barang, masih rata-rata,” ungkap Direktur Operasi dan Pemasaran (Diropsar) PT Kereta Api Logistik (KALOG), Dwiyana Slamet Riyadi, kepada Kompas.com, Minggu (18/5/2014).

Dwi mengatakan, saat ini setiap harinya ada 14 perjalanan kereta api logistik, terdiri dari 10 KA Petikemas, 2 KA Kurir, dan 2 KA Semen. Adapun kapasitas satu rangkaian KA dengan 20 gerbong adalah 40 TEUs (Twenty Foot Equivalent Units).

Ada 8 KA Petikemas dengan relasi Tanjung Priok-Kalimas/Surabaya, di mana 4 diantaranya dioperasikan oleh PT Kereta Api Logistik. “Kemudian, satu KA relasi Gudang- Surabaya, dan 1 KA dengan relasi Cikarang Dry Port-Waru/Surabaya,” imbuh Dwi.

Sementara itu, 2 KA kurir terdiri dari 1 rangkaian KA Parcel, serta 1 ONS (One Night Service) relasi Jakarta Gudang-Surabaya/Pasarturi. Sedangkan 2 KA semen beroperasi dengan relasi Nambo/Cibinong-Kalimas/Surabaya.

“Bulan Juni nanti, kami berencana menambah frekuensi 2 KA lagi, yaitu 1 KA kontainer, dan 1 KA Semen,” ujarnya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.