Kemenakertrans Mediasi 4.900 Karyawan Sampoerna yang Dirumahkan

Kompas.com - 19/05/2014, 15:55 WIB
Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar KOMPAS. com/Indra AkuntonoMenteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah melalui Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) memastikan bakal mengawal perumahan sekitar 4.900 karyawan PT HM Sampoerna.

“Sampoerna terus kita mediasi, supaya proses PHK-nya smooth,” ujar Menakertrans Muhaimin Iskandar, ditemui di sela-sela sertijab Menko Bidang Perkonomian, di Jakarta, Senin (19/5/2014).

Dia menuturkan, kalaupun terpaksa ada pemutusan hubungan kerja, maka harus ada kompensasi yang memadai bagi para pekerja. Salah satu yang akan dilakukan adalah memberikan pelatihan kewirausahaan.

Selain pesangon, karyawan yang terkena PHK juga butuh persiapan finansial. Menurut Muhaimin, memang ada beberapa karyawan yang minta pesangon lebih tinggi dari perhitungan berdasarkan ketentuan perundang-undangan. Namun, dia memastikan mediasi telah dilakukan oleh Disnaker Jawa Timur.

Sebelumnya, PT HM Sampoerna menyatakan akan memberikan pelatihan kepada 4.900 karyawan yang terkena dampak restrukturisasi di pabrik Sigaret Kretek Tangan (SKT) Lumajang dan Jember, Jawa Timur. Kedua pabrik itu akan resmi ditutup mulai tanggal 31 Mei 2014 (baca: Tutup Dua Pabrik, PT HM Sampoerna PHK 4.900 Karyawan).

Sekretaris Perusahaan PT HM Sampoerna Maharani Subandhi pekan lalu mengatakan, penutupan dua pabrik merupakan keputusan yang berat, terlebih mengingat dampaknya bagi para karyawan.

Oleh karena itu, kata dia, perusahaan memberikan kesempatan bagi karyawan di kedua pabrik Lumajang dan Jember untuk mengikuti program pelatihan kewirausahan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Harapan kami, hal itu akan dapat membantu mereka dalam mendapatkan keahlian baru dan mencari sumber penghasilan lainnya,” kata Maharani.

Ia menjelaskan bagi karyawan akan diberikan program pelatihan yang terdiri dari sesi motivasi, pengelolaan keuangan, dan pelatihan kejuruan.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.