Saat Sidang Paripurna, Rieke Interupsi soal PHK Buruh Sampoerna

Kompas.com - 20/05/2014, 13:11 WIB
Politisi PDI Perjuangan, Rieke Diah Pitaloka. Alfian KartonoPolitisi PDI Perjuangan, Rieke Diah Pitaloka.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Rieke Diah Pitaloka, melayangkan interupsi seusai sambutan Menteri Keuangan, pada sidang paripurna di DPR, Selasa (20/5/2014).

"Saya mau interupsi. Pertama, apa yang disampaikan Menkeu terkait membuka lapangan kerja, soal buruh dalam negeri, baru saja ada 4.900 buruh di-PHK di industri keretek. Kami minta pemerintah bukan hanya untuk melindungi hak buruh, namun juga industri nasional," ungkap Rieke.

Sebagaimana diketahui, PT HM Sampoerna sebelumnya telah memutuskan untuk menutup dua dari tujuh pabrik Sigaret Kretek Tangan (SKT) dan melakukan pemutusan hubungan kerja terhadap 4.900 karyawannya.

Mulai tanggal 31 Mei 2014, PT HM Sampoerna menutup pabrik SKT di Lumajang dan Jember, Jawa Timur. Sekretaris Perusahaan PT HM Sampoerna Maharani Subandhi di Surabaya, Jumat (16/5/2014), mengatakan, keputusan restrukturisasi dilakukan karena terus menurunnya pangsa pasar SKT skala nasional yang menghantam telak pabrik-pabrik rokok dalam negeri, termasuk pabrik sekelas PT HM Sampoerna.

Selain menyoroti soal perumahan buruh pabrik HM Sampoerna, anggota DPR Komisi IX tersebut juga mengeluhkan soal buruh luar negeri. Rieke mengatakan, saat ini sedang ada kunjungan tim pengawas (timwas) ke Arab Saudi.

"Dikhawatirkan, ada oknum di pemerintahan, ini (kunjungan) digunakan untuk mengakhiri moratorium tenaga kerja ke sana," tutur Rieke. Dia pun meminta pemerintah mencermati kemungkinan tersebut.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.