Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilpres dan Utang Luar Negeri Bebani Bursa Saham

Kompas.com - 21/05/2014, 07:50 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan diproyeksikan bergerak variatif pada perdagangan Rabu (21/5/2014). Tekanan yang masih menggelayuti indeks akan diadu dengan kesempatan akumulasi saham-saham yang sudah dinilai murah akibat penurunan sebelumnya.

Pasar saham Amerika Serikat terkoreksi setelah rilis kinerja keuangan perusahaan tercatat (emiten) ritel mengecewakan. Tadi malam, indeks Dow Jones Industrial Average tercatat melemah 0,83 persen dan S&P500 membukukan penurunan 0,65 persen.    

Dari pasar Asia, pergerakan pasar saham dipengaruhi oleh pelambatan ekonomi Tiongkok. Koreksi pasar saham Asia ditunjukkan oleh indeks Nikkei 225 di Jepang sebesar 0,30 persen dan indeks KOSPI Composite di Korea Selatan 0,21 persen. Sementara harga kontrak berjangka (futures) komoditas justru terapresiasi.    

Dari dalam negeri, kekhawatiran terhadap utang luar negeri swasta yang tinggi, dan pertarungan pemilihan presiden yang diprediksi akan berlangsung ketat memberikan kekhawatiran tersendiri bagi investor. Hal itu membuat IHSG dan nilai tukar rupiah terkoreksi dalam dua perdagangan terakhir.    

Menurut Analis Teknikal Mandiri Sekuritas, pada perdagangan hari ini IHSG berpotensi rebound dan bergerak mixed to up menuju resistance terdekat di 4.930. "Meski begitu, potensi penurunan lanjutan masih ada dan menuju support berikutnya di 4.859," sebutnya.

Saham-saham yang direkomendasikan adalah PTPP, ICBP, UNVR, AKRA dan SMGR.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com