Ini Pertimbangan ESDM Memberi Raksasa Tambang Kelonggaran Ekspor

Kompas.com - 23/05/2014, 19:53 WIB
Wakil Menteri ESDM  Susilo Siswoutomo ESTU SURYOWATIWakil Menteri ESDM Susilo Siswoutomo
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Susilo Siswoutomo mengakui pemerintah memberikan kelonggaran ekspor mineral mentah. Makanya, Undang-undang No 4 tahun 2009 yang melarang ekspor mineral mentah pada 12 Januari 2014, diperpanjang tiga tahun menjadi tahun 2017.

"Pada 2013 tidak semua smelter terbangun. Ada beberapa yang terbangun tapi kita sadar bahwa bagi mereka yang sudah melakukan pengolahan termasuk Freeport, Newmont, Vale, yang sudah menghasilkan konsentrat make pemerintah memberikan kelonggaran ekspor," ucap Susilo ditemui di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (23/5/2014).

Ia mengatakan, ada lima pertimbangan sehingga raksasa tambang besar mendapatkan kelonggaran ekspor mineral mentah.

Pertama, komitmen dari perusahaan tambang untuk membangun pabrik pemurnian biji mineral (smelter). Adapun pertimbangan kedua, lanjut Susilo, adalah adanya perjanjian jual beli atau sales agreement dengan buyer di luar. Selain itu, perusaaan tambang juga telah menyetor jaminan kesungguhan pembangunan smelter.

"Mematuhi bea keluar mineral mentah. Dan kelima, jumlah yang boleh diekspor sesuai dengan kapasitas yang bisa diolah di smelter yang dibangun," katanya.

PT Freeport Indonesia adalah sala satu perusahaan yang tengah membangun smelter dengan PT Antam (Persero). Direktur Utama PTFI, Rozik Soetjipto mengatakan, rencananya, smelter mereka akan mengolah 1,6 juta konsentrat. Hasilnya diperkirakan menjadi 400.000 ton tembaga.

"Kalau yang diolah di PT Smelter Gresik, ada 1.050.000 ton konsentrat, kurang lebih menjadi 300.000 ton tembaga," kata dia dihubungi wartawan, Jumat (23/5/2014).Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.