Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyek Infrastruktur Jangan Andalkan Pinjaman Asing

Kompas.com - 24/05/2014, 17:54 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Bidang Advokasi Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Darmaningtyas mengingatkan pemerintah agar tidak terlalu mengandalkan donor asing untuk membiayai proyek infrastruktur.

Hal itu dia katakan menanggapi pilot project "Sustainable Urban Transport Program" (SUTRA). Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono, beberapa waktu lalu menuturkan, jika pilot project ini berhasil, maka akses pembiayaan proyek infrastruktur akan lebih mudah.

"Kita jangan terlalu berharap banyak dari proyek semacam itu," kata Darmaningtyas, ditemui usai bincang-bincang, Kompasiana Nangkring bareng PT JM, Sabtu (24/5/2014).

Darmaningtyas mengatakan, pembiayaan dari asing tersebut berupa dana pinjaman. Dia yakin, anggaran negara sangat mungkin mencukupi untuk kebutuhan infrastruktur dasar. Sayangnya, lanjut dia, pemerintah selalu khawatir anggaran tidak cukup, lantaran anggaran tersebut masih banyak dibutuhkan untuk subsidi energi.

"Menurut saya untuk bangun infrastruktur itu bukan dana pinjaman, tapi cukup subsidi saja dihilangkan. Dana dialihkan ke infrastruktur," katanya.

Sebagai informasi, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan bekerjasama dengan Inggris, Jerman, dan lembaga internasional, mengembangkan pilot project SUTRA. Jerman dan Inggris memberikan hibah senilai 15 juta euro, untuk pilot project di tiga kota, yakni Kota Bogor, Kota Batam, dan Kota Manado.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com