Hak Cipta Kata "Bitcoin" Dijual 1 Juta Dollar AS

Kompas.com - 29/05/2014, 10:25 WIB
Pengguna mengakses situs web Mt. Gox, bursa bitcoin terbesar di dunia YOSHIKAZU TSUNO / AFPPengguna mengakses situs web Mt. Gox, bursa bitcoin terbesar di dunia
|
EditorErlangga Djumena

TOKYO, KOMPAS.com
- Perusahaan operator bitcoin MtGox yang baru-baru ini bangkrut berencana menjual hak cipta kata "bitcoin." Dengan menjual hak cipta tersebut, MtGox berharap memperoleh setidaknya 100 juta yen atau 1 juta dollar AS untuk hak cipta bitcoin di Jepang dan Uni Eropa.

Mengutip Channel News Asia, Kamis (29/5/2014), MtGox juga mencari pembeli untuk domain bitcoins.com. Akan tetapi, belum jelas apakah uang hasil penjualan tersebut akan digunakan untuk membayar kembali para debitor MtGox atau tidak.

Seorang pimpinan MtGox menyatakan pihaknya akan menjual hak cipta karena tidak memerlukannya lagi.

Tibanne, perusahaan yang dipimpin mantan direktur MtGox Mark Karpeles telah memiliki registrasi persetujuan hak cipta Bitcoin di Jepang pada tahun 2012. Tibanne secara efektif menjadi operator Bitcoin karena MtGox sudah tidak memiliki karyawan.  Kedua perusahaan itu memiliki alamat kantor yang sama di Tokyo.

Sebelumnya, MtGox melayangkan proteksi atas kebangkrutan pada bulan Februari lalu. Pihak MtGox menyatakan terlilit utang 6,5 miliar yen dan kehilangan 850.000 unit bitcoin. Akan tetapi, MtGox menyatakan menemukan kembali 200.000 unit yang hilang.

MtGox akan dilikuidasi setelah keputusan pengadilan Jepang memproses perihal kebangkrutan tersebut pada bulan April. Kebangkrutan dan kegagalan MtGox otomatis memukul reputasi mata uang digital tersebut.

Transaksi bitcoin menjadi "kelabu" pada Februari lalu setelah MtGox memblokir penarikan bitcoin. MtGox menyatakan ada "bug" di dalam perangkat lunak yang mengganggu transaksi mata uang virtual itu. Ini menyebabkan bitcoin menjadi rentan terhadap pencurian.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.