Kompas.com - 30/05/2014, 08:35 WIB
Bursa Efek Indonesia KONTANBursa Efek Indonesia
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksikan bergerak variatif mencoba naik pada perdagangan Jumat (30/5/2014). Sentimen positif datang dari pergerakan bursa global.

Bursa Wall Street ditutup menguat untuk hari kelimanya semalam waktu Indonesia, dengan Indeks S&P 500 kembali menyentuh rekor tertinggi baru di level 1.920,03 poin atau naik 0,54 persen.

Indeks Dow Jones naik 0,39 persen dan Nasdaq naik 0,54 persen. Penguatan indeks terimbas oleh naiknya yield treasury 10 tahun ke level 2,461 dibandingkan dengan level terendahnya di 2,3971 pada bulan Juni.

Dari data perekonomian AS, PDB negara tersebut pada triwulan I dilaporkan turun 1 persen, lebih besar dari perkiraan ekonom 0,4 persen. Namun pelaku pasar meyakini bahwa pelemahan adalah akibat cuaca buruk dan PDB akan kembali menguat pada triwulan kedua.

Initial jobless claim turun 27.000 ke level 300.000, lebih baik dari perkiraan pada level 326.000. Pending home sales naik 0,4 persen, lebih kecil dari perkiraan. Saham Merck memimpin kenaikan indeks. Bursa Eropa ditutup flat terimbas laporan data PDB AS itu.

Investor juga menunggu pertemuan ECB yang diharapkan akan melakukan pemangkasan suku bunga atau paket stimulus lainnya. Indeks FTSE naik 0,29 persen.

Riset Semesta Indovest memperkirakan Bursa Indonesia hari ini dapat kembali bergerak positif. Minat beli investor terlihat masih cukup kuat. Indeks EIDO naik 0,57 persen. Saham-saham yang dapat diperhatikan hari ini antara lain BBNI, CTRA, CNO, SSMS dan SRIL.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.