Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024

Tiga Operator Pelabuhan Tanjung Priok Investasi 207 Juta Dollar AS

Kompas.com - 02/06/2014, 14:30 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Jakarta International Container Terminal (JICT) beserta dua operator utama di pelabuhan Tanjung priok, yakni Terminal Petikemas Koja dan Mustika Alam Lestari (MAL) berkomitmen menginvestasikan dana lebih dari 207 juta dollar AS atau sekitar Rp 2,3 triliun dalam kurun waktu 6 tahun.

Investasi baru itu diharapkan mampu mendorong produktivitas layanan bisa meningkat tajam. Sejauh ini Tanjung Priok masih terus memerlukan tambahan investasi seiring pertumbuhan arus peti kemas. Untuk itu penyesuaian biaya kepelabuhanan (cost handling container /CHC) perlu dilakukan untuk menambah efisiensi di pelabuhan.

Sekretaris Asosiasi Pengelola Terminal Petikemas Indonesia (APTPI) Paul Krisnadi dalam keterangan resminya, Senin (2/6/2014) menjelaskan, selama periode 2008-2013 tiga  operator di pelabuhan Tanjung Priok tersebut terus meningkatkan investasinya guna melayani arus barang ekspor-impor yang volume dan frekuensinya semakin tinggi.

Selama periode tersebut, JICT telah menghabiskan investasi sebesar 151 juta dollar AS untuk membeli peralatan, meng-upgrade sistem serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Langkah yang sama juga dilakukan KOJA yang telah meningkatkan investasi sebesar 50 juta dollar AS guna meningkatkan kapasitas bongkar muat dari sekitar 600.000 TEU (Tweenty-foot Equivalent Units) menjadi sekitar 1 juta TEU pada saat ini.

Investasi baru juga dilakukan KOJA dengan memperkuat teknologi dan melakukan pembelian peralatan baru untuk melayani kebutuhan konsumen yang terus meningkat dengan lebih efisien. Adapun MAL juga terus meningkatkan kinerja operasionalnya dengan menambah investasi sebesar lebih dari 6 juta dollar AS.

"Investasi baru senilai lebih dari 207 juta dollar AS tersebut mampu mendorong produktivitas dan layanan di tiga operator Pelabuhan Priok meningkat tajam. Dengan teknologi baru dan sistem yang lebih baik kinerja pelabuhan Priok lebih efektif dan efisien," jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+