Kompas.com - 02/06/2014, 18:15 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Muamalat akan mengurangi penyaluran kredit di sektor korporasi dan akan memperbesar penyaluran kredit di sektor ritel menjadi 60 persen dari keseluruhan kredit secara bertahap.

"Saat ini porsi (kredit) ritel kami masih 54 persen dan korporasi 47 persen. Nantinya porsi pembiayaan korporasi akan dikurangi menjadi 40 persen," kata Direktur Korporasi PT Bank Muamalat Luluk Mahfudah Senin (2/6/2014).

Luluk mengaku, sejak akhir tahun 2013 silam, perseroan telah meluncurkan layanan pembiayaan mikro untuk menggenjot porsi penyaluran kredit ritel. Menurutnya, sektor mikro merupakan pasar yang besar. Oleh karena itu, sektor ini perlu dikembangkan bila bank ingin memperkuat porsi pembiayaan ritel.

Sektor pembiayaan mikro, jelas Luluk, diharapkan dapat menyumbang marjin bunga bersih alias net interest margin (NIM) yang besar. "Rata-rata NIM mikro 26 sampai 27 persen. Adapun NIM pembiayaan komersial hanya 11 sampai 12 persen," papar dia.

Untuk itu, perseroan berharap pembiayaan di sektor mikro dapat melengkapi layanan pembiayaan ritel perseroan secara umum.

"Rata-rata kami selalu menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 1 triliun setiap bulan. Dengan strategi ini, kami optimistis mencapai target akhir tahun," ujar Luluk.

Sebagai informasi, hingga April 2014 Bank Muamalat telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 43 triliun dibandingkan posisi akhir tahun 2013 sebesar Rp 41 triliun. Perseroan menargetkan penyaluran kredit hingga akhir tahun sebesar Rp 48 triliun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.