Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Delapan Perusahan Tiongkok Siap Bangun Smelter

Kompas.com - 02/06/2014, 18:34 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perindustrian mengucapkan terima kasihnya kepada pemerintah Tiongkok karena delapan perusaannya yang bergerak di sektor pertambangan bersedia membangun smelter di Indonesia.

Kemenperin menilai langkah itu sebagai bentuk sikap menghargai Tiongkok terhadap Undang-undang Minerba yang dibuat pemerintah Indonesia. "Saya secara resmi ucapkan terimakasih telah menghargai (UU Minerba) kepada RRT, kita akan layani sebaik-baiknya," ujar Menteri Perindustrian, M.S Hidayat, di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Senin (2/6/2014).

Hidayat menjelaskan, bahwa kerjasama antara pemerintah Indonesia dan Tiongkok sangat baik dalam pembuatan smelter tersebut. Menurutnya, sudah ada pembicaraan antara kedua pemerintah untuk membahas investasi Tiongkok dalam sektor pertambangan.

"Sudah ada pembicaraan Meteri dengan Menteri. Presiden dengan Presiden, dia mengerti dengan latarbelakang UU itu," katanya.

Sebelumnya, pemerintah mewajibkan semua perusahan tambang untuk membuat smelter. Kewajiban tersebut sesuai dengan amanat Undang-undang Minerba yang mewajibkan perusahan tambang meningkatkan nilai tambah hasil produksinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com