Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gagasan Ekonomi Jokowi-JK Bisa Terealisasi jika Belanja Pegawai Dikurangi

Kompas.com - 04/06/2014, 17:51 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Sukses (Timses) Pasangan Jokowi-JK menyatakan bahwa program pembangunan dari pinggiran (desa) yang ada dalam visi misi Jokowi-JK merupakan program yang realistis dan mampu terwujud.

Menurut Tim Ahli pemenangan Jokowi-JK, Arif Budimanta, program desa ala Jokowi itu dapat terwujud dengan syarat pemerintah daerah juga harus memiliki komitmen mengurangi belanja pegawai dan meningkatkan belanja infrastruktur.

"Saya yakin kami bisa buat pengembangan dari pinggiran. Tetapi, pemerintah daerah juga harus berkomitmen memperkecil belanja pejabat, disisi lain meningkatkan belanja infrastruktur," ujar Arif Budimanta di Gedung DPD RI, Jakarta, Rabu (4/6/2014).

Arif menjelaskan, mandeknya pembangunan di daerah-daerah karena pemerintah daerah tidak memiliki komitmen yang tegas terhadap pembangunan desa. Bentuk komitmen pemerintah daerah menurut Arif bisa tercermin dari kemauan untuk mengurangi belanja pegawai yang menggunakan 80 persen APBD.

Sementara untuk pembangunan hanya 20 persen. Dengan komitmen pemerintah daerah bukan berarti pemerintah pusat tidak bekerja untuk pembangunan desa. Menurut Arif, peranan pemerintah memastikan apakah anggaran yang diberikan kepada daerah digunakanan secara baik oleh pemerintah daerah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com