Jokowi Janji Bangun 25 Bendungan untuk Irigasi Pertanian

Kompas.com - 05/06/2014, 09:00 WIB
Calon presiden Joko Widodo saat memaparkan platform ekonomi di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Rabu (4/6/2014). KOMPAS.com/INDRA AKUNTONOCalon presiden Joko Widodo saat memaparkan platform ekonomi di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Rabu (4/6/2014).
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com
 — Calon presiden Joko Widodo berjanji akan membangun 25 bendungan untuk irigasi sawah-sawah petani di berbagai daerah di Indonesia. Hal tersebut karena Jokowi melihat masih banyak sawah-sawah petani yang mengalami kekeringan.

"Kita ini mau mengairi sawah tapi airnya gak ada, kita akan target bangun 25 bendungan komplet dengan irigasinya," ujar Jokowi dalam pemaparan platform ekonomi Jokowi-JK di Jakarta, Rabu malam (4/6/2014).

Jokowi menjelaskan, program pemerintah membangun irigasi sawah tidak berjalan dengan baik. Banyak sawah-sawah yang kekeringan karena stok air tidak ada. Akar masalah kekeringan tersebut, menurut Jokowi, karena struktur pikir yang salah.

Seharusnya, pembangunan sawah didahului oleh pembangunan bendungan untuk ketersediaan air, baik untuk musim hujan maupun kemarau. Setelah pembangunan bendungan, langkah selanjutnya adalah pembuatan saluran-saluran air menuju sawah-sawah.

Tahap terakhir, menurut Jokowi, barulah air disalurkan ke sawah-sawah petani di pedesaan.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.