Kompas.com - 05/06/2014, 15:35 WIB
|
EditorErlangga Djumena
JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran perusahaan pembiayaan di tengah-tengah masyarakat memberikan keuntungan tersendiri. Bagi para pengusaha sektor mikro, kecil, dan menengah, mendapatkan pembiayaan kendaraan bermotor dapat sangat membantu kelangsungan usaha mereka.

Bejo Prayitno (34 tahun) merupakan salah satu nasabah perusahaan pembiayaan, PT Adira Dinamika Multifinance atau Adira Finance sejak tahun 2006. Pria yang berdomisili di Pasar Kemis, Tangerang ini merupakan pengusaha roti dengan 50 orang karyawan yang setiap hari menjajakan roti dengan menggunakan sepeda motor.

Sebelum menggunakan sepeda motor, Bejo mengaku tidak memiliki usaha sendiri. Ia menjajakan roti yang diambilnya dari pabrik roti dengan mengayuh sepeda.

Bermodal nekat, Bejo membuka usahanya sendiri. Namun, ia mengaku jangkauan penjualan tidak bisa luas bila menggunakan sepeda. "Omzet sekarang Rp 7 juta sampai Rp 8 juta per hari. Kita sudah (berdagang) sampai Cikande, Balaraja. Total sepeda motor sudah lebih dari 60 lebih, karena kalau sudah 3 tahun sudah lunas kita jual," kata Bejo di Jakarta, Kamis (5/6/2014).

Tak hanya menjadi nasabah, Bejo juga memiliki showroom sederhana yang dibukanya bersama Adira Finance. Showroom ini menjual sepeda motor baik baru maupun bekas. Kerjasama ini baru digelutinya selama 6 bulan.

"Awal-awal ini mau kerjasama lagi bikin Kedai Adira. Kedai Adira ini kita bisa melayani angsuran Adira. Kita bisa terima dana Maxi dari Adira. Ke depannya sih paket juga bisa," ujar pemilik usaha roti merek Juan & Haykel ini.

Menurut Bejo, dirinya kerap memperoleh potongan saat mengajukan kredit kepada Adira Finance. Ia menyebut potongan alias diskon yang diperolehnya sekitar 10 persen. Dalam mengajukan kredit pun, kata Bejo, prosesnya tidak sulit.

Adira Finance hari ini meluncurkan identitas brand dan tagline baru, yakni "Sahabat Setia Selamanya." Menurut Director Chief Sales & Distribution Adira Finance Hafid Hafeli, tagline ini dipilih karena Adira Finance ingin menjalin hubungan jangka panjang dengan nasabah.

"Kami melihat kalau saling menguntungkan akan berhubungan jangka panjang, di tiap siklus kehidupan kami siapkan produk. Adalah baik bagi kami menjadi sahabat setia buat komunitas, konsumen, karyawan, dan mitra kita yang sama-sama menguntuntkan. Saat ini lebih fokus kepada konsumen dan hubungan jangka panjang," ujar Hafid.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.