3.200 Karyawan Newmont Dirumahkan, Jero Wacik Tak Galau

Kompas.com - 05/06/2014, 20:08 WIB
Menteri ESDM Jero Wacik KOMPAS.COM/Sandro GatraMenteri ESDM Jero Wacik
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Dengan besar hati Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik menerima perumahan sementara 3.200 operator tambang PT Newmont Nusa Tenggara.

"Ya kita bisa menerima (keputusan perumahan)," kata dia ditemui di gedung DPR, Jakarta, Kamis (5/6/2014). Namun demikian, pemerintah segera akan menyikapi masalah tersebut dengan mendesak PT NNT membereskan soal komitmen pembangunan smelter. Dia berharap soal itu, dapat diselesaikan dalam satu pekan ini.

"Kalau tidak dapat terus produksi, kan kasihan mereka. Pekerja itu warga kita juga. Makanya saya ingin cepat-cepet beres urusannya. Sehingga ini bisa beroperasi lagi. Biar ceept maka cpet bikin smelternya," kata dia lagi.

Jero memastikan, keputusan yang diambil dimaksudkan agar negara diuntungkan, namun tidak melanggar Undang-undang Minerba, soal pelarangan ekspor mineal mentah.

Dalam keterangan resmi, Direktur Utama PT NNT Martiono Hadianto mengatakan, manajemen mulai besok Jumat (6/6/2014) merumahkan 80 persen dari 4.000 pekerja tambang di Batu Hijau. Seiring dengan perumahan itu, 3.200 operator tambang juga tidak mendapat insentif, namun tetap mendapat gaji pokok.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.