Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Mulai Antisipasi Tiga Agenda Besar

Kompas.com - 06/06/2014, 08:03 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan diproyeksikan bergerak variatif dengan potensi kenaikan terbatas pada perdagangan akhir pekan ini, Jumat (6/6/2014). Transaksi mulai terbatas menjelang pemilihan presiden, Piala Dunia 2014 dan bulan puasa.

Pasar saham AS melanjutkan kenaikan, menjelang pengumuman data payrolls Paman Sam, memberikan sentimen positif. Apresiasi ditunjukkan oleh indeks Dow Jones Industrial Average sekitar 0,59 persen dan S&P500 sekitar 0,65 persen.

Dari pasar Asia, pergerakan pasar saham dipengaruhi oleh data ekonomi Tiongkok. Apresiasi pasar saham Asia ditunjukkan oleh indeks Nikkei 225 yang menguat 0,33 persen, sementara indeks KOSPI Composite di Korea Selatan yang dibuka melemah 0,27 persen. Sementara harga kontrak berjangka (futures) komoditas bergerak variatif.

Dari dalam negeri, nilai tukar rupiah berbalik menguat, setelah seminggu terakhir terus melemah terhadap dolar AS. Di sisi lain, bulan ini terdapat tiga agenda besar, yakni kampanye pemilihan presiden, piala dunia 2014 dan bulan puasa yang membuat perdagangan saham di bursa efek Indonesia (BEI) menjadi relatif terbatas. 

Menurut Analis Teknikal Mandiri Sekuritas, IHSG diperdagangkan di atas EMA 200 hari. Kemarin indeks memasuki fase konsolidasi di kisaran 4.865–5.091 dan bergerak mixed to up. "Indicator stochastic membentuk golden cross. Hari ini indeks masih akan bergerak variatif dengan kenaikan terbatas. Indeks akan bergerak di kisaran support 4.919 dan resistance 4.945," sebutnya.

Berikut beberapa rekomendasi saham: BBRI, GJTL, MAPI, EXCL dan ADHI. (BEN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com