Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhatian Investor Beralih ke Piala Dunia

Kompas.com - 09/06/2014, 07:12 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -
Indeks Harga Saham Gabungan diperkirakan bergerak variatif dengan kecenderungan mendatar di sepanjang pekan dimulai Senin (9/6/2014) ini. Minimnya sentimen penggerak akan berjalan seiring perhatian investor yang beralih ke pesta sepak bola akbar, Piala Dunia 2014.

IHSG berhasil menguat sepanjang pekan lalu, seiring dengan pergerakan positif di bursa global. IHSG selama sepekan kemarin menanjak 43,27 poin (0,88 persen) atau lebih tinggi dari sebelumnya yang melemah 79,15 poin (1,59 persen).

Sepanjang pekan kemarin, asing kembali mencatatkan pembelian bersih Rp 1,17 triliun, lebih tinggi dari sebelumnya yang tercatat melakukan penjualan bersih Rp 465,15 miliar. Bila dihitung sejak awal tahun (YTD) maka sampai dengan pekan kemarin posisi investor asing tercatat melakukan pembelian bersih Rp 40,99 triliun.  

Riset Trust Securities memperkirakan pekan ini IHSG akan bergerak di rentang level dukungan di 4.870-4.900 dan resisten di 4.965-4.978. IHSG membentuk pola menyerupai bullish harami di atas middle bollinger bands. MACD mulai tertahan kenaikannya dengan histogram positif yang mendatar. RSI, William's %R, dan Stochastic masih tertahan kenaikannya.

"Tipisnya pergerakan di akhir pekan kemarin memberikan indikasi masih adanya aksi menahan diri pelaku pasar. Diharapkan rilis data-data ekonomi pekan ini positif sehingga pelaku pasar dapat mengambil kesempatan untuk kembali masuk ke pasar. Namun, tetap harus waspada terhadap sentimen yang ada terutama yang berkaitan dengan politik dan jelang dimulainya Piala Dunia di akhir pekan nanti," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com