Kompas.com - 09/06/2014, 18:46 WIB
Teller sebuah bank di Jakarta Selatan menghitung uang rupiah di atas dolar Amerika Serikat. TRIBUNNEWS/HERUDIN Teller sebuah bank di Jakarta Selatan menghitung uang rupiah di atas dolar Amerika Serikat.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Mirza Adityaswara menyatakan ada anggapan yang kurang tepat dalam benak masyarakat bahwa merosotnya nilai tukar rupiah adalah sebuah kerugian.

Dia mencoba memandang dari sisi lain, bahwa melemahnya rupiah atas dollar AS, adalah kesempatan untuk menggenjot nilai ekspor.

"Ada anggapan yang menurut kami kurang tepat bahwa kalau rupiah melemah itu buruk, rupiah menguat itu baik. Negara-negara eksportir seperti Korea, Jepang itu justru ingin kursnya melemah. Karena mereka ingin ekspornya tinggi, dan impornya melemah," kata Mirza dalam fit and proper test di Komisi XI, DPR RI, Jakarta, Senin (9/6/2014).

Mirza menyindir banyak pihak yang menginginkan rupiah menguat dan tidak menyadari bahwa neraca perdagangan Indonesia terpuruk. Setelah sempat mencetak surplus di awal tahun, neraca perdagangan Indonesia mengalami defisit hampir 2 miliar dollar AS pada April 2014.

Defisit neraca perdagangan disebabkan impor bahan bakar minyak yang tinggi, sedangkan ekspor yang berbasis komoditas terkerek turunnya permintaan CPO.

Dia juga menengarai struktur industri yang kurang baik, akan membahayakan saat pertumbuhan ekonomi tinggi. Alasannya, pada akhirnya impor barang pun menjadi tinggi.

"Pertumbuhan ekonomi yang ditopang impor itu membuat defisit besar, akhirnya kurs melemah. Pada intinya kalau kita memiliki neraca perdagangan positif, kita layak memiliki rupiah menguat. Kalau defisit, kita tidak layak mempunyai kurs menguat, karena akan membuat problemnya menjadi terlalu besar," katanya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.