Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Puasa, Pemerintah Siapkan Stok Daging Sapi

Kompas.com - 10/06/2014, 14:16 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
- Pemerintah yakin harga daging sapi segera akan stabil jelang Ramadhan. Pasalnya Kementerian Perdagangan menyatakan, pasokan sapi dan daging sapi bahkan masih mencukupi hingga dua bulan setelah Lebaran.

"Stok kita sekarang untuk bulan puasa cukup. Jadi sebelum Lebaran kita punya sapi bakalan 145.000 ekor, sapi siap potong 18.929 ekor, dan sapi lokalnya 3.037 ekor," kata Dirjen Perdagangan Luar Negeri, Kemendag, Bachrul Chairi, ditemui di Kantor Kemenko Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (10/6/2014).

Dia bilang, pasokan tersebut adalah posisi hingga pekan ini. Dia menambahkan, pasokan akan bertambah lagi dari impor yakni, sapi bakalan 99.000 ekor. "Jadi sampai Lebaran 10 hari, dan 2 bulan setelah Lebaran itu masih aman," kata Bachrul.

Sementara itu, untuk importasi daging sapi pada kuartal 3 pun belum seluruhnya direalisasikan. Kemendag memberikan izin importasi 45.000 ton, dan baru direalisasikan 8.316 ton. "Biasanya ini dua minggu sebelum Lebaran baru masuk lagi," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com