Kompas.com - 10/06/2014, 15:26 WIB
|
EditorErlangga Djumena
JAKARTA, KOMPAS.com – Indonesia terus menjajaki pasar nontradisional, tak terkecuali untuk produk biofuel. Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krisnamurthi menyebut, Italia adalah salah satu pasar yang menjanjikan bagi biofuel.

“Sekarang kita sedang mencari celah diantara negara Uni Eropa. Italia pasar biofuelnya kita perkuat. Potensi di sana 1 juta hingga 1,5 juta ton,” ujarnya ditemui di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Selasa (10/6/2014).

Bayu mengatakan, protensi tersebut sebenarnya bukan merupakan permintaan (demand) dari Italia. Akan tetapi, merupakan kapasitas terpasang industri di Italia yang menggunakan biofuel. “Tapi dari kapasitas terpasang mereka kan kita bisa proyeksikan demand-nya,” kata dia.

Menurut dia, pasar biofuel Italia ini lebih tinggi dibandingkan dengan pasar Yunani untuk produk crude palm oil (CPO).

Bayu juga mengatakan, pasar Italia cukup menjanjikan setelah Uni Eropa, dimana setiap tahun UE menyerap sekitar 3,5 juta ton CPO Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.